8 Sunnah Puasa Beserta Haditsnya

Puasa merupakan salahsatu perbuatan yang Rasulullah contohkan dan beliau juga menyuruh untuk umatnya untuk berpuasa. Baik puasa sunnah maupun puasa wajib. Karena puasa, sudah terdapat didalam al-quran dan hadits.

Banyak contoh puasa sunnah yang telah beliau contohkan, Misalnya puasa di hari lahir, puasa sunnah senin kamis dan lainnya. Puasa sendiri, seperti yang sudah di jelaskan diatas. Terdapat puasa yang sunnah, dan juga terdapat puasa yang wajib. Tapi tahukah kamu, jika ada beberapa perbuatan yang disunnahkan jika kita sedang berpuasa, walaupun puasa itu wajib dan sunnah?

Karena yang sudah kita ketahui, didalam shalat ada gerakan yang disunnahkan. Begitupun dengan puasa, ada juga perbuatan-perbuatan yang disunnahkan.

Berikut ini, akan dijelaskan apa saja sunnah puasa berikut dengan hadits-hadits.

8 Sunnah Puasa


1. Menyegerakan berbuka apabila telah nyata dan yakin bahwa matahari telah terbenam.

Ketika adzan sudah terdengar, maka segeralah kalian membatalkan puasa walaupun hanya ada air minum saja.

Haditsnya:
Dari sahl bin sa'ad, "Rasulullah SAW, berkata: "Senantiasa manusia dalam kebaikan selama meraka menyegarakan berbuka puasa." (Riwayat Bukhari dan Muslim).

2. Berbuka dengan kurma atau sesuatu yang manis atau dengan air.


Haditsnya adalah:
Dari Anas, "Nabi Muhammad SAW berbuka dengan ru'tab (kurma gumading) sebelum shalat; kalau tidak ada, dengan kurma; kalau tidak ada juga, beliau meminum beberapa teguh." (Riwayat Abu Dawud dan Tirmizi).

3. Berdoa sebelum waktunya berbuka puasa.

Jangan lupa berdoa kita hendak berbuka puasa. Jangan terburu-buru langsung makan atau minum.

Haditsnya berikut ini:
Dari Ibnu Umar, "Rasulullah SAW apabila berbuka puasa, berliau berdoa" Ya Allah, karena Engkau saya berpuasa, dan dengan rezeki pemberian Engkau saya berbuka, dahaga telah lenyap, dan urat-urat telah minum, serta pahala telah tetap bila Allah SWT mengehandaki." (Riwayat Bukhari dan Muslim).

4. Makan sesudah tengah malam, dengan tujuan supaya nambah kekuatan ketika puasa.

Maksud dari hadits disini adalah sahur. Ketika ingin berpuasa, walaupun kalian kuat seharian tidak makan dan minum. Akan tetapi, lebih baiknya kalian usahakan sahur terlebih dahulu jika ingin berpuasa.

Berikut ini haditsnnya:
Dari Anas, "Rasulullah SAW telah berkata, "makan sahurlah kamu. Sesungguhnya makan sahur itu mengandung berkat (menguatkan badan menahan lapar karena puasa). (Riwayat Bukhari dan Muslim).

5. Menta-khirkan makan sahur, sampai kira-kira 15 menit sebelum fajar.

Lebih baik sahurnya jangan terlalu jauh dengan waktu subuh. Maksudnya adalah sahur itu ketika mendekati waktu subuh. Karena jika kita sahur pada jam 01.00, misalnya (untuk orang indonesia, maka itu tidak baik. Bisa-bisa mengakibatkan kita nanti siangnya cepat lapar).

Sabda Rasulullah SAW:
Dari Abu Zarr, Rasulullah telah berkata: "Senantiasa umatku dalam kebaikan, selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka." (Hadits Riwayat Ahmad).

6. Memberikan makanan kepada orang yang sedang berpuasa


Jika ada rezeki lebih, usahakan kalian sedekahkan. Dengan cara apa? Bisa dengan cara memberikan takzil di mushollah atau di masjid. Dengan tujuan ingin berbagi kepada orang yang puasa. Karena jika memberi makan orang yang berpuasa, maka akan dapat pahala juga sama seperti orang yang berpuasa.

Sabda Nabi Muhammad SAW:
"Barangsiapa yang memberi makanan untuk berbuka bagi yang puasa, maka ia mendapat ganjaran sebanyak ganajran yang puasa itu, tidak kurang sedikitpun." (Hadits Riwayat Tirmizi).

7. Hendaklah memberpanyak sedekah didalam bulan ramadhan.

Harta sudah banyak, jangan pelit untuk bersedekah. Berbagi itu semestinya tidak perlu menunggu kita kaya atau banyak harta. Berbagi itu karena kita tahu bagaimana rasanya tidak punya.

Sabda Rasulullah SAW:
 Dari Anas, ditanyakan orang kepada Rasululllah SAW, "Kapamkah sedekah yang lebih baik?" Jawab Rasulullah SAW, "Sedekah yang lebih baik ialah sedekah pada bulan ramadhan." (Hadits Riwayat Tirmizi)

8.  Memperbanyak membaca al-qur'an dan mempelajarinya (belajar atau mengajar) karena mengikuti perbuatan Rasululah SAW.

Semoga dari penjelasan diatas yang membahas apa-apa saja yang disunnahkah didalam puasa atau jika kita sedang berpuasa, menambahkan semangat kita untuk melanggengkan atau membiasakan berpuasa. Karena banyak sekali manfaat yang dapat kita terima jika kita berpuasa. Sekian penjelasan singkat ini mengenai 8 Sunnah puasa.

Referensi:

H.Sulaiman Rasyid, Fiqih Islam, Bandung:Sinar bau Algesindo 1994

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Sunnah Puasa Beserta Haditsnya"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Yang Sopan. Mohan Maaf Dilarang SPAM dan SARA.