Manfaat Shalat Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Kewajiban seorang muslim adalah mengikuti syara', atau aturan aturan islam yang telah ditentukan. Didalam agama islam, terdapat rukun islam. Salah satu rukun islam adalah shalat. Hukum melaksanakan shalat adalah fardu 'ain atau wajib bagi masing-masing setiap muslim.

Manfaat Shalat
Sumber foto: Republika.co.id

Berikut ini dalil yang menunjukkan bahwa shalat adalah wajib hukumnya:


وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

"Dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat." (Q.S an-Nuur ayat 56)

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

"Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan." (Q.S al-Baqarah ayat 110)

Dan masih banyak lagi ayat al-quran yang mewajibkan setiap orang islam untuk melaksanakan shalat.

Ada istilah, "Shalat Adalah Tiang Agama". Memang, karena ibadah shalat menentukan ibadah lainnya. Shalat adalah amalan pertama kali yang akan dihisab. Seperti pada hadits berikut ini:

Diriwayatkan oleh Ath-Thabarani rahimahullahu dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَوَّلُ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الصَّلَاةُ، فَإِنْ صَلَحَتْ صَلَحَ لَهُ سَائِرُ عَمَلِهِ وَإِنْ فَسَدَتْ فَسَدَ سَائِرُ عَمَلِهِ

“Amalan hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat nanti adalah shalat. Apabila shalatnya baik tentu seluruh amalannya yang lain pun baik. Tetapi bila shalatnya jelek maka seluruh amalannya pun tentu jelek.” - Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah 3/343

Namun, tahukah anda apa saja manfaat shalat bagi manusia? Untuk kalian yang belum mengatahuinya, dibawah ini sedikit akan dijelaskan apa saja manfaat shalat untuk seorang muslim.

Tahukah anda?



Manfaat Shalat : 


1. Shalat merupakan wujud dari pengabdian kepada sang Penguasa


Dengan masuknya kita kedalam agama islam, maka kita disebut sebagai muslim. Karena itu, kita sebagai muslim wajib hukumnya untuk menjalankan apa yang diperintahkan-Nya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya.

Salah satu ibadah yang wajib dilakukan adalah shalat. Shalat merupakan bagian dari rukun islam Untuk menunjukkan bahwa kita memang seorang muslim yang baik, maka kita wajib mengabdi kepada sang Penguasa atau sang Pencipta, yaitu salahsatunya dengan cara mendirikan shalat. Dan masih banyak lagi ibadah lainnya yang diwajibkan oleh Allah kepada manusia.

2. Shalat dapat mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar.


Perlu kita ketahui dahulu, bahwa keji dan mungkar itu keduanya berbeda. Dimana mungkar adalah perbuatan yang buruk, perbuatan yang tidak disukai Allah. Dan sedangkan keji itu sama perbuatan buruk, akan tetapi lebih kepada buruk dan jijik. Contoh perbuatan keji: Melakukan zina. Seperti yang dijelaskan pada surat Al-isra' ayat 32.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

"Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (Q.S Al-isra' ayat:32 )


تْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Q.S al-Ankabut :45)

Dari penjelasan ayat diatas yang terdapat didalam surat al-Ankabut ayat 45, ketika manusia melaksanakan shalat, seharusnya manusia tersebut terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Akan tetapi masih saja banyak orang yang tetap melakukan perbuatan mungkar, bahkan keji. 

"Katanya shalat bisa menghindarkan manusia dari perbuatan keji dan mungkar? Tapi kok ada manusia yang tetap melakukannya?

Coba koreksi lagi, shalat kita kurang dimananya, letak kesalahannya dimana. Bisa jadi wudhu kita masih banyak yang salah, yang mengakibatkan wudhu kita tidak diterima. Karena ketika wudhu kita tidak diterima oleh Allah , maka secara otomatis shalat kita tidak akan diterima. Karena ibadah shalat tidak akan diterima jika kita tidak berwudhu terlebih dahulu. Bisa jadi pula shalat kita tidak diterima karena terdapat Hal yang membatalkan shalat dan perbuatan-perbuatan yang memakruhkan didalam shalat.

3. Shalat adalah waktu yang tepat untuk mencari ketenangan hati ketika memiliki permasalahan hidup.


Sudah kita ketahui bahwa, tidak ada satu manusiapun didunia ini yang tidak memiliki permasalahan didalam hidupnya. Karena pada intinya, setiap manusia ada yang disukai dan ada pula yang tidak menyukainya. Ada kelebihan maka akan ada kekurangan. Semuanya seimbang.

Karena itu, ketika kalian memiliki masalah, dan tidak kunjung menemukan solusinya. Cobalah perbaiki shalat kalian, karena ketika kalian mencoba untuk perbaiki shalat kalian. Maka insyaAllah, Allah pun akan memperbaiki hidup kalian. 

Seperti pada hadits riwayat muslim berikut ini:

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ رواه مسلم

"Posisi paling dekat seorang hamba dengan Rabbnya yaitu ketika dia sujud, maka perbanyaklah doa." (HR Muslim)

Namun dari hadits diatas. Kita tidak bisa seenaknya membaca doa apa saja ketika sujud didalam shalat. Karena shalat itu murni bacaan al-qur'an yang telah ditentukan. Tidak boleh ditambah atau dikurangi seenaknya. Ada bacaan tertentu yang diperbolehkan.

4. Shalat dapat menyehatkan badan


Bisa kita gunakan logika. Bahwa shalat juga selain membutuhkan niat, harus memiliki tenaga. Karena ketika orang yang sedang sakit, atau orang yang sudah berumur maka akan sulit untuk berdiri, bangun dan duduknya didalam melaksanakan shalat. 

Untuk itu, bagi kalian yang masih muda biasakanlah untuk melaksanakan shalat, terutama shalat wajib. Karena shalat juga bisa dikatakan olahraga. Bisa menjaga tulang-tulang kita agar tidak cepat terkena penyakit tulang , seperti osteoporosis.

5. Shalat dapat kita terlihat lebih awet muda.


Seperti pada point sebelumnya, yaitu point ke-4. Shalat memang menurut manusia dapat meremajakan tubuh. Karena gerakan shalat dapat membuat tubuh kita menjadi sehat. Otot dan urat-urat selalu digerakan ketika melaksanakan shalat. Semua anggota  badan dari kepala sampai kaki pasti digerakan karena gerakan shalat tersebut.

Nah jika dilakukan secara rutin, maka sel-sel yang rusak akan segera diperbaiki. InsyaAllah.

6. Shalat dapat menghapus dosa


Memang masalah dosa dan pahala adalah mutlak urusan Allah S.W.T . Namun dalam hadits shalat dapat menghapus dosa-dosa manusia yang melaksanakannya. Seperti hadits berikut ini:

"Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang diantara kalian, lalu ia mandi dari sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit? Maka begitulah perumpamaan shalat 5 waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa." (H.R Bukhari no.528 dan Muslim no.667)

Maka dari itu, jika kita pahami bahwa manfaat shalat itu banyak, mungkin masih banyak lagi manfaat shalat yang belum kita ketahui sampai saat ini.

Sedikit info

Perlu diketahui pula, bahwa yang bisa menerima atau tidaknya shalat kita hanya Allah S.W.T. Kewajiban kita hanya melaksanakan shalat.
Terdapat aliran yang berpendapat mengenai shalat yaitu ibarat - 0 +.
  1. Kita mendapatkan nilai - jika kita tidak melaksanakan kewajiban shalat.
  2. Kita mendapatkan nilai 0 jika shalat kita tidak diterima, akan teteapi ini lebih baik daripada harus mendapat - .Setidaknya kewajiban kita telah terlaksana.
  3. Mendapatkan nilai + jika shalat kita diterima. Ini lebih baik lagi dari point 1 dan 2 diatas.

Cobalah kita menjadi muslim yang taat, bahkan harus. Laksanakan shalat bagaiamana dan dalam keadaan apapun.

Perbaiki shalat kita. Maka insyaAllah, Allah pun akan memperbaiki hidup kita pula.
Referensi:
  1. Al-quran dan hadits
  2. https://almanhaj.or.id/3443-sudahkah-anda-merasakan-manfaat-shalat.html
  3. http://manfaat.co.id/manfaat-sholat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Shalat Yang Belum Diketahui Banyak Orang"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Yang Sopan. Mohan Maaf Dilarang SPAM dan SARA.