Hukum Shalat Menggunakan Sandal atau Sepatu


Hukum Shalat Menggunakan Sandal atau Sepatu
Sumber foto: Google
Karena seperti kita ketahui, shalat adalah wajib hukumnya. Setiap orang islam harus melaksanakan shalat dan tidak bisa sembarangan dalam melakukan shalat, sudah ada ketentuannya sendiri. Tapi tidak semua orang islam mengetahui apa saja ketentuan dalam shalat dan bagaimana hukumnya  jika shalat jika menggunakan sandal atau sepatu?



Nah karena saya penasaran akan hukumnya, alhamdulillah akhirnya ketemu deh apa hukumnya shalat menggunakan sandal atau sepatu. Dalam artikel ini terdapat hadits yang saya kutip dari hadits shahih bukhari dan muslim.

Sebelumnya, dibawah ini akan saya paparkan sedikit hadits yang menyinggung masalah ini.

Hadits tentang hukum shalat menggunakan sandal dan sepatu:


  1. Diriwayatkan dari Anas bahwa ia ditanya, "Apakah Rasullullah pernah shalat dengan memakai sepatunya?" Anas menjawab, "Ya". (Imam Az-Zabidi, Shahih Bukhari Muslim, BAB 18 Tentang Shalat, no.254, halaman 85).
  2. Diriwayatkan oleh Sa'id bin Yazid, dia berkata: Saya pernah bertanya kepada Anas bin Malik: "Apakah Rasulullah pernah shalat dengan memkai sandal?" Anas menjawab: "Ya". (Imam Al-Mundziri, Shahih Muslim, BAB 39 Tentang Shalat, no.236, halaman 101)
  3. Saya melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terkadang shalat dengan tidak beralas kaki dan kadang shalat dengan memakai sandal. (HR. Abu daud 653, Ibnu Majah 1038, dan dinilai Hasan Shahih oleh al-Albani).
  4. “Apabila kalian shalat, hendaknya dia pakai kedua sandalnya atau dia lepas keduanya untuk ditaruh di kedua kakinya. Janganlah dia mengganggu yang lain.” (HR. Ibnu Hibban 2183, Ibnu Khuzaimah 1009 dan sanadnya dinilai shahihkan al-Albani)
  5. “Bersikaplah yang berbeda dengan orang Yahudi. Sesungguhnya mereka tidak shalat dengan menggunakan sandal maupun sepatu.” (HR. Abu Daud 652 dan dishahihkan al-Albani)
  6. Saya melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terkadang shalat dengan tidak beralas kaki dan kadang shalat dengan memakai sandal. (HR. Abu daud 653, Ibnu Majah 1038, dan dinilai Hasan Shahih oleh al-Albani).
  7. Diceritakan dari al-Mughirah bin Syu'bah Radhiyallahu 'anhu, bahwa beliau pernah safar bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Ketika Rasulullah beruwudhu, aku (al-Mughirah bin Syu'bah) pun menunduk untuk melepaskan sepatu beliau. Namun beliau melarangnya, dan juga beliau mengatakan:دَعْهُمَا ، فَإِنِّى أَدْخَلْتُهُمَا طَاهِرَتَيْنِ "Biarkan dia, karena saya memakainya dalam kondisi suci." Kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengusapnya. (HR. Bukhari 206 & Muslim 655).

Pada point ke5, Rasulullah menyarankan agar umatnya ketika beribadah harus berbeda dengan ibadahnya orang Yahudi. Maka dari itu, menggunakan sandal menjadi salah satu pembeda umat islam dengan umat yahudi.

Kriteria Sandal atau Sepatu yang diperbolehkan untuk Shalat:


  1. Suci dari najis
  2. Tidak menggunakan sandal, jika masjidnya menggunakan karpet dan sejenisnya.


Seperti hadits-hadits berikut ini:


  • “Hanya saja ada syaratnya, sandal harus suci. Jika sandalnya ada najisnya atau menginjak kotoran maka tidak selayaknya orang menggunakannya untuk shalat.” (Dinukil dari Fatwa Islam, no. 12033)
  • “Hukum menggunakan sandal ketika shalat dianjurkan, setelah dipastikan sandal itu bersih. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat dengan memakai sandal. Namun jika masjidnya beralas karpet, yang lebih baik adalah tidak memakai sandal, agar tidak mengotori karpet dan membuat kaum muslimin enggan untuk sujud di karpet.” (Fatawa Ibnu Baz, dinukil dari Fatwa Islam, no. 69793).

Dari penjelasan hadits-hadits diatas, dapat kita simpulkan bahwa Hukum Shalat Menggunakan Sandal atau Sepatu adalah mubah hukumnya, atau boleh. Asalkan sandal dan sepatu harus masuk kriteria yang dibolehkan untuk shalat seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jangan sembarangan menggunakan sepatu atau sandal untuk shalat.

Jadi, kalian bisa shalat menggunakan sendal atau sepatu jika tempat shalat tersebut tidak beralaskan karpet dan juga harus dijamin kesuciannya.

Wallahu a'lam bish-shawab.

Referensi:

  • Imam Az-Zabidi, Shahih Bukhari Muslim
  • Imam Al-Mundziri, Shahih Muslim
  • Ustadz Ammi Nur Baits
  • https://konsultasisyariah.com/16160-shalat-menggunakan-sandal.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hukum Shalat Menggunakan Sandal atau Sepatu"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Yang Sopan. Mohan Maaf Dilarang SPAM dan SARA.